Image Hosting

LKPJ Bupati Menuai Kritikan

Selasa, 23 Maret 2010

CURUP-Sidang paripurna dengan agenda Keputusan DPRD tentang rekomendasi laporan keterangan Pertanggungjawaban akhir tahun anggaran 2009, telah disetujui pihak legeslatif dan eksekutif. Namun pihak eksekutif mendapat rekomendasi atau kritikan malah Bansos dan SKP lain.
Hal itu terungkap setelah Bupati Rejang Lebong menyampaikan Laporan Keputusan Petanggungjawaban (LKPJ) 2009 kepada anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong, kemarin (22/3). Rapat ini dihadiri anggota dewan, unsur Muspida, dinas, instansi dan pejabat penting Rejang Lebong lainnya.
Plt Sekwan DPRD Rejang Lebong, Daswati mengatakan, Pemkab Rejang Lebong harus harus memperbaiki penyelenggaraan kegiatan pemerintah daerah pada 2009 lalu, diantaranya masalah Bansos, pembangunan inrastruktur, pendidikan dan kesehatan.
Lebih lanjut diterangkannya, mengenai Bansos dianggarkan Rp 7 miliar lebih pada APBD mencapai Rp 13 miliar. Selain itu juga Bansos yang ada di APBD 2009 mencapai Rp 13 miliar terealisasi Rp 21 miliar.
“Selain itu dalam mengerjakan sering terjadi perencanaan dari eksekutif yang seharusnya berdasarkan persetujan DPRD, namun sering dilaksanakan sendiri. Kedepan diharapkan tidak terulang lagi, begitu juga dengan  Pengelolaan keuangan daerah dalam anggaran kurang efektif dengan besarnya silfa. Karena itu bupati harus tingkatkan kualitas pengelolaan anggaran agar lebih maksimal,” terangnya.
Selanjutnya dibidang pendidikan perbaikan peningkatan pendidikan pada anak-anak didik agar lebih maju dan berkualitas, karena selama ini banyak yang tak seimbang antara kualitas dan hal lain yang sangat berpengaruh bagi pendidikan siswa itu sendiri. Di sisi lain juga terkait pelayanan kesehatan yang direalisasikan kurang memadai dengan kurangnya obat-obatan di RSUD Curup.
”Pembangunan RSUD yang sudah sesuai rencana tidak dikerjakan hingga tuntas 100%,” katanya.
Tak kalah disoroti, Dinas PU pun dinilai gagal melaksanakan amanah yakni pembangunan infrastruktur Dinas PU yang dianggarkan hingga Rp 3 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan tak terealisasi padahal masyarakat sangat membutuhkan. Selain diatas, juga masih banyak kritikan-kritikan dari DPRD terhadap LKPJ bupati tahun anggaran 2009 lain yang harus diperbaiki di era pembangunan kedepan.(01)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

    ARSIP BERITA