Image Hosting

Tiga Bulan Hasilkan 64 Ton Ikan

Senin, 22 Maret 2010

CURUP-Dalam jangka waktu tiga bulan, sebanyak 32 kolam air deras mampu menghasilkan ikan hingga 64 ton. Jumlah tersebut diambil dari rata-rata sebanyak 32 kolam masing-masing kolam menghasilkan dua ton dari bibit yang dimasukkan sebanyak 0,5 ton.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Afnisardi, Sabtu (20/3), saat melakukan panen raya ikan di Desa Blumei I Kecamatan Padang Ulak Tanding dihadiri Bupati Rejang Lebong, Suherman, unsur Muspida, dan pejabat penting lainnya.
Menurutnya, panen raya yang digelar kemarin sangat meningkat dibanding tahun sebelumnya. “Kalau tahun sebelumnya, jumlah kolam air deras kami hanya 12. Namun dengan dibangunnya kolam air deras sebanyak 20 petak maka jumlah ikan yang dihasilkan bertambah banyak. Kedepan diharapkan mampu menambah PAD untuk Kabupaten Rejang Lebong,” terangnya.
Ditambahkannya, pemanenan dilakukan setahun empat kali yakni dipanen tiga bulan sekali. “Dengan semakin banyaknya hasil ikan yang dihasilkan dari kolam air deras ini, diharapkan untuk perbaikan gizi dan gerakan makan ikan (Gemarin) akan terpenuhi untuk masyarakat Rejang Lebong,” harapnya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Rejang Lebong, Suherman mengatakan, hasil tebar benih yang dilakukan pemerintah akhirnya bisa membuahkan hasil. Dengan kegiatan panen raya ini, selain kolam air deras Rejang Lebong juga memiliki kolam pembibitan yang fungsinya untuk penyediaan bibit yang disebarkan diperairan umum agar bisa dimanfaatkan masyarakat.
“Dengan banyaknya kolam pembenihan dan kolam air deras di Kabupaten Rejang Lebong ini, nantinya akan mendorong perekonomian rakyat dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan gizi yang sangat dibutuhkan, terutama anak-anak didik di Kabupaten Rejang Lebong,” pungkasnya.(01)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

    ARSIP BERITA