Image Hosting

CURUP-Lebih kurang 40 tahun SMK-S1 FKIP berada di Jalan Dwi Tunggal Curup tidak mendapatkan dana bantuan dari Pemkab Rejang Lebong khususnya dari dana APBD. Padahal sekolah tersebut merupakan sekolah pertama swasta yang berdiri di Kabupaten Rejang Lebong pada 1972 silam.
Hal tersebut dibenarkan kepala guru honor tingkat TK,SMP,SMA se-Kabupaten Rejang Lebong, Yedi Intan juga wakil kepala SMK-S1 FKIP pada koran ini di ruang kerjanya, Jumat (18/2).
“Setahu saya sejak berdiri hingga sekarang sekolah swasta ini belum mendapatkan bantuan dana APBD, termasuk dana DAK katanya untuk kepentingan anak didik dan sekolah,” jelas Yedi.
Padahal, lanjut Yedi, kondisi sekolah sekarang sudah sangat memprihatinkan. “Namun tetap bertahan hingga sekarang memiliki siswa ada 110 orang guru honor dan 3 PNS diperbantuan yakni satu PNS dari Depag dan satu PNS dari Diknas memiliki penghasilan tambahan dengan usaha lain seusai mengajar,” ungkap Yedi.
Jika mengandalkan SPP siswa sangat tidak menjanjikan karena kadang-kadang siswa banyak yang menunggak bayar SPP. “Namun kita beri toleransi lantaran penghasilan orang tua siswa mengandalkan hasil panen. Ya kadang-kadang bayar SPP sesudah penen,” katanya.
Ia mengaku dari SPP yang diberikan siswa Rp 70.000 digunakan untuk membayar honorer yang tidak seberapa dan itu belum untuk ATK dan lain-lain.
Padahal, sekolah ini sudah banyak mengeluarkan alumni-alumni sekarang banyak mempunyai jabatan baik di Pemkab Rejang Lebong maupun DPRD. “Harapan kita meski swasta diperhatikan karena sekolah ini sangat membantu pemerintah untuk menampung siswa-siswa tidak masuk di sekolah negeri,” katanya.
Namun, ada hal sangat meringankan yakni hampir seluruh tenaga yang ada untuk tahun ini mendapatkan tunjangan sertifikasi dengan jumlah disamaratakan. “Untungnya hampir setengah guru di sekolah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru non PNS dengan besaran Rp 1,5 juta per bulan. Ini membantu para guru swasta di sekolah tetap bertahan mengabdi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa,” ungkapnya.(07)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

    ARSIP BERITA