Image Hosting

LUBUKLINGGAU-Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri 3 Lubuklinggau, Kamis (3/2) menggelar seminar motivasi di gedung pertemuan SMA N 3 Lubuklinggau. Seminar ini diselenggarakan dengan mengangkat tema, menghadapi ujian nasional dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Demikian dijelaskan Ketua Pelaksana Seminar Motivasi, Rizal Lisa Mora AD, melalui Wakil Ketua Pelaksana, Dedi Kurniawan kepada koran ini, Jumat (4/2).
Mahasiswa semester VI Sekolah Tinggi Keguruan dan Imlu Pendidikan (STKIP) PGRI ini menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa/siswi kelas XII SMA N 3 Lubuklinggau, agar lebih siap dan menjauhkan diri dari kecemasan sebelum menghadapi Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2010/2011.
Selain itu, diharapkan dengan mengikuti seminar motivasi yang menghadirkan Psikolog sekaligus trainer dari Syaamil Center, Irwan Tony, calon peserta ujian ini tidak akan bingung dalam menentukan jurusan ketika ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi (PT).
Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB ini dibuka secara resmi oleh Pembina IKA SMA N 3 Lubuklinggau, Ramadhan Hidayat mewakili  Kepala SMA N 3 Lubuklinggau, Zulheri, sekaligus mengesahkan organisasi IKA SMAN 3 Lubuklinggau.
Dalam seminar tersebut Irwan Tony menjelaskan beberapa tips menghadapi US dan UN.
“Jangan sekali-kali merasa down sebelum menghadapi ujian,” jelas Irwan Tony.
Ia juga berharap setiap calon peserta ujian mengetahui teknik belajar paling nyaman sesuai dengan kepribadian peserta.
Hal ini akan sangat mendukung agar siswa bisa lebih mudah dalam meresapi dan mencerna materi yang dipelajari.  Selain itu, jika merasa bingung untuk mempelajari keseluruhan bahan mata pelajajaran, sebaiknya siswa rajin untuk meringkas ulang materi yang sebelumnya masih berada di buku catatan, maupun buku paket.
Caranya dengan mencatat garis besar materi-materi pokok yang mudah diingat. Hal lain yang juga harus dilakukan adalah memfokuskan satu minggu waktu untuk satu mata pelajaran saja. Hal ini dinilai penting dilakukan, agar konsentrasi peserta didik tidak terpecah. Akan lebih baik, jika calon peserta ujian rajin-rajin mengikuti pelatihan soal.
Sementara dalam mempersiapkan untuk mengikuti SNMPTN tahun pelajaran 2010/2011, peserta didik harus menentukan minat terbesar. Setelah minat untuk memasuki jurusan tertentu sudah jelas, barulah para pelajar ini bisa menentukan jurusan untuk mengembangkan bakat mereka.(03)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

    ARSIP BERITA